Skill 4C

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

How's life friends? May always be healty and in the protection of Allah SWT. Aamiin. Ok, in this blog, i would like to share and doing the challange for my Biology Teacher.

Teman-teman kalau ngomongin soal skill atau kemampuan, dari masa ke masa dan waktu ke waktu semua hal yang ada di dunia ini berubah, bahkan bisa dikatakan bahwa hanya satu yang tidak berubah yakni perubahan itu sendiri. Begitu juga manusia dan lingkungannya, adanya perkembangan teknologi dengan cepat di setiap bidang membuat manusia harus bisa adaptasi untuk bisa lebih relevan dengan zaman. Agar manusia bisa relevan dengan zamannya, terutama manusia Indonesia maka terbentuklah inisiasi dari pembelajaran/kemampuan abad 21.

 

Kemampuan adalah kapasitas seorang individu untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan. Kemampuan adalah sebuah penilaian terkini atas apa yang dapat dilakukan seseorang. Buat aku sendiri kalau bicara soal skill atau kemampuan, tentunya sangat penting untuk meningkatkan hal tersebut, terutama untuk skill 4c yang memang sangat dibutukan di masyarakat di abad 21 ini. Some ways for increasing it for me yaitu dengan Critical Thinking and Problem Solving (Berpikir Kritis & Pemecahan Masalah). Elemen ini merupakan elemen paling krusial (penting) pada pembelajaran 21 ini. Berpikir kritis dan pemecahan masalah ini mengajakku untuk bisa berpikir secara deduktif dan induktif secara mandiri yang bertujuan untuk menguasai dan mampu menyelesaikan masalah yang rumit, salah satunya dengan membuat soal HOTS (High Order Thinking Skill).

Than, Creativity and Innovation (Daya Cipta dan Inovasi), upayaku dalam meningkatkan ini yaitu untuk senantiasa membuat project yang mengasah skill ini, seperti membuat vlog, blog, cerpen, puisi, menggambar, melukis dan masih banyak lainnya.

Selain itu, aku selalu berusaha untuk ‘kerjasama’. Hal ini mengajakku untuk belajar membuat grup (kelompok), menyesuaikan dan kepemimpinan. Serta kemampuan komunikasi untuk berhubungan seperti menyampaikan gagasan, berdiskusi hingga memecahkan masalah yang ada.

Dan yang terakhir rajin membaca buku, dengan hal ini, skill literasiku meningkat.



Thankyou for reading! Semoga tulisan kali ini bisa memotivasi kalian yang membaca agar senantiasa meningkatkan skill 4c itu. 
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WHAT'S WRONG WITH THE NERVES?!!